Faktor Kunci Pengembangan Kemasan Pangan


 

Faktor kenyamanan (convenient) menjadi tren dan kunci dalam inovasi kemasan saat ini. Selain itu, faktor kecepatan pembelian juga memengaruhi pengembangan kemasan, misalnya pemilihan ukuran. "Selain kenyamanan, lingkungan yang kompetitif juga membuat efisiensi biaya menjadi pertimbangan," Senior Brand Manager Packaging Development PT Sumber Cipta Multiniaga, Rizal Herdian dalam Intensive Workshop: Packaging Quality, Problem Solving dan Study Case yang diselenggarakan di Bogor pada 13-14 September 2017.

 

Selain itu, Ketua Indonesian Packaging Federation (IPF), Henky Wibawa menambahkan bahwa terdapat tujuh kunci dalam pengembangan kemasan, di antaranya mengurangi lead times, fokus terhadap kepuasan konsumen, meningkatkan transparansi bisnis, serta mengikutsertakan partisipasi dan kerja sama terintegrasi dengan suplier atau vendor. Mengurangi lead times dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti kemampuan untuk mempercepat waktu pengiriman produk, perencanaan yang baik, dan pelaksanaan inspeksi rutin.

Terkait umur simpan sebuah kemasan, Ia menjelaskan bahwa dalam pengukuran dilakukan pada stability camber dengan menguji faktor-faktor yang memengaruhi kemasan dan bahan pangan yaitu mikrobiologi, sensoris, nilai gizi, serta kondisi penyimpanan setelah dari pabrik. Fri-29